ResearchBib Share Your Research, Maximize Your Social Impacts
Sign for Notice Everyday Sign up >> Login

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI MENARA BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) DENGAN METODE FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING (FMADM)

Journal: Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi) (Vol.2, No. 1)

Publication Date:

Authors : ;

Page : 1-7

Keywords : Sistem Pendukung Keputusan (SPK); Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FMADM); Menara Base Transceiver Station (BTS);

Source : Download Find it from : Google Scholarexternal

Abstract

Menara Base Transceiver Station (BTS) merupakan sarana penting dalam sistem telekomunikasi modern. Penentuan lokasi BTS pada suatu wilayah tertentu sampai saat ini menjadi permasalahan klasik bagi suatu operator seluler. Salah satu cara yang dapat diusulkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah melalui metode fuzzy. Penelitian ini mengaplikasikan Fuzzy Multi Attribute Decision Making (MADM) untuk menentukan lokasi optimal pembangunan BTS. Metode Fuzzy MADM yang digunakan merupakan metode yang telah dikembangkan oleh Moon Hyun Joo dan Chang Sun Kang. Perancangan sistem pendukung keputusan ini menggunakan kriteria-kriteria antara lain kepadatan penduduk yang ada, biaya instalasi menara, keterjangkauan lokasi dan jarak lokasi. Dari kriteria-kriteria tersebut dan dengan alternatif pilihan lokasi yang telah ditentukan sebelumnya akan diproes dan memperoleh satu lokasi alternatif yang optimum. Sistem ini mempunyai kemampuan menampung input kriteria yang diinginkan dari pengguna, alternatif lokasi dan pada akhirnya mampu memberikan tampilan visual berupa himpunan solusi terbaik dari beberapa alternatif yang diberikan menggunakan metode perangkingan Nilai Total Integral. Dari dua kasus pemilihan bupati yang diujikan ternyata hasil perangkingan tidak selalu sama tergantung dari tingkat keoptimisan (α) yang dipakai.

Last modified: 2018-01-10 15:58:30